10 Tempat Wisata Kota Blitar yang Wajib diKunjungi

10 Tempat Wisata Kota Blitar yang Wajib diKunjungi – Mendengar kata Blitar, hal yang diingat oleh masyarakat saat ini adalah sebuah Kabupaten di Jawa Timur tempat dimana Presiden RI pertama Ir. Soekarno dimakamkan. Asal mula nama kota Blitar berasal dari “balitar” artinya pulanglah tartar. Konon pada jaman kerajaan dulu, tempat ini dijajah oleh bangsa Mongolia suku Tartar, sehingga ketika Raja Majapahit jaman dahulu ingin mengusir bangsa Tartar tercetuslah kata balitar.

Di Blitar pula, terdapat Candi peninggalan zaman kerajaan Majapahit dahulu. Letak Kota Blitar yang berada di dataran tinggi membuat tempat ini memiliki banyak wisata alam yang dingin dan sejuk. Apa saja wisata di kota Blitar, Jawa Timur? Mari kita simak bersama-sama.

Destinasi Wisata di Kota Blitar

1. Pantai Serang Blitar

Blitar juga termasuk salah satu kota yang berbatasan dengan laut sehingga memiliki beberapa lokasi wisata pantai diantaranya adalah Pantai Serang. Meski Pantai Serang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia yang terkenal ombaknya besar, namun di pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu tinggi jadi sangat cocok bagi anda sekeluarga yang membawa anak-anak untuk bermandi-mandian disana.

Spot Wisata Blitar Jawa Timur Pantai Serang
Pantai Serang Blitar

Map : Pantai Serang Blitar

Lokasi / tempat Pantai Serang Blitar

  • Desa Serang, Kec. Panggung rejo, Kota Blitar
  • Jarak dari pusat kota Blitar sekitar 45 km.
  • Bila dari Kota Malang > Kepanjen > Blitar > Ledoyo > pertigaan ambil ke kiri > Kec. Panggung rejo

Harga Tiket Masuk Pantai Serang Blitar

Rp. 3.000,- / orang

 

2. Pantai Pangi Blitar

Salah satu Pantai menarik lainnya di kota Blitar adalah Pantai Pangi. Pangi Beach / Pantai Pangi sangat ramai ketika liburan tiba. Pantai ini cukup bersih dan sangat indah bila anda ingin sekadar bersantai menikmati pemandangan lautan dan pasir putih.

Tempat Wisata Blitar Jawa Timur Pantai Pangi
Pantai Pangi Blitar

Bila Anda mencari pantai yang bisa untuk camping, pantai Pangi merupakan salah satu pilihan pantai yang cocok untuk camping di Blitar. Letaknya yang mudah dijangkau dan adanya sumber air yang melimpah membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan camping ketika akhir pekan. Fasilitas yang tersediapun juga cukup lengkap, ada kamar mandi, mushola, dan warung makan yang buka hingga larut malam.

Map : Pantai Pangi Blitar

Lokasi / tempat pantai Pangi

  • Dusun Krajan, Desa Tumpak kepuh, Kec. Bakung, Blitar 66163
  • Telepon : +62 81267053860

Harga Tiket Masuk Pantai Pangi

Rp. 8.000,- / orang

 

3. Pantai Peh Pulo

Obyek Wisata Blitar Jawa Timur Pantai Peh Pulo
Pantai Peh Pulo

Desa Panggung Rejo Blitar terkenal memiliki berbagai lokasi wisata pantai, karena letaknya juga berdekatan dengan laut langsung. Salah satunya adalah Pantai Peh Pulo. Pantai ini masih sangat sepi pengunjung, mungkin dikarenakan jalan masih belum beraspal sehingga kendaraan sulit untuk melintas kesana.

Hal yang unik pada Pantai Peh Pulo ini adalah pemandangannya yang menakjubkan sehingga dikatakan mirip dengan Raja Ampat. Selain itu, Anda dapat dengan aman berendam pada bagian bibir pantai Peh Pulo ini, karena terlindung oleh pulau-pulau kecil yang berada di bagian depan yang berbatasan dengan laut lepas.

Map : Pantai Peh Pulo

  • Lokasi : Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, East Java 66174

 

4. Wisata Alam Goa Embultuk

Ingin merasakan sensasi berendam di tempat sunyi di dalam Goa? maka lokasi ini mungkin cocok bagi anda. Goa Embultuk namanya, sebuah lokasi yang cukup ramai dan diketahui banyak orang. Apalagi ketika musim liburan tiba, wah kebayang pasti tempat ini jadi ramai sekali. dan jalan menuju lokasi goa Embultuk ini telah diperbaiki sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda empat.

Wisata alam goa embultuk blitar jawa timur
Goa Embultuk

Goa Embultuk adalah satu-satunya goa di Blitar yang mempunyai keunikan pada stalagmitnya. Sebelum menjadi tempat wisata, ternyata goa ini dulunya menjadi tempat persembunyian PKI. Di dalam goa terdapat sebuah aula besar yang dapat menampung sampai dengan ribuan orang.

Map : Gua Embultuk

Lokasi Goa Embulktuk/ Gua Embulktuk

  • Desa Tumpak kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar 66163

 

5. Candi Gambar Wetan

Situs peninggalan sejarah yang saat ini masih terawat dengan baik di Jawa Timur salah satunya berada di Kota Blitar. Candi Gambar Wetan, merupakan candi yang yan ditemukan di sebuah wilayah di Desa Sumberasri. Candi ini hampir terkubur dan tidak ditemukan, kalau saja tidak ada proses ekskavasi/ penggalian yang dilakukan pada tahun 2016 dan tahun 2017.

Destinasi Wisata Blitar Jawa Timur Candi Gambar Wetan
Candi Gambar Wetan

Candi yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit ini berlokasi di lereng gunung Kelud Blitar dan berada di pinggir sungai Bladak. Candi ini mempunyai dua Arca di pintu bagian selatan yang konon selalu kembali ke tempatnya semula ketika dipindahkan ke lain tempat  dan dua arca Dwarapala di atas.

Map : Candi Gambar Wetan

Rute, Tempat / Lokasi ke Candi Gambar Wetan

  • Gambaranyar, Sumberasri, Nglegok, Blitar, East Java 66181

Untuk kesana, terdapat 2 rute yakni:

  • Rute I : Penataran > Kedawung > Sumberasri > ketemu pertigaan Garuga > belok kanan ke Perkeb. Gambar
  • Rute II : Pertigaan Penataran > Pacoh > DAM Kali Bladak < Perkeb. Gambar

(Rute II tidak disarankan dilewati ketika musim hutan tiba, karena sangat rawan terkena lahar dingin yang membeludak dari DAM Kali Bladak)

 

6. Air Terjun Coban Wilis

Spot Wisata Blitar Jawa Timur Air Terjun Coban Wilis
Air Terjun Coban Wilis

Salah satu area wisata yang masih belum dikelola dengan maksimal, namun memiliki keindahan luar biasa adalah air terjun Coban Wilis. Untuk mencapai tempat ini, anda harus melewati 5 bukit dengan perkiraan waktu 2 jam perjalanan. Walaupun medannya sangat berat namun kelelahan anda akan terbayarkan dengan sempurna ketika anda sampai di Air Terjun yang sangat indah ini.

Map : Waterfall Coban Wilis

Lokasi  Air Terjun Coban Wilis : Slumbung, Gandusari, Blitar, East Java 66187

Rute :

  • Blitar > jalur ke Wlingi > jalur ke Semen > Pertigaan pertama setelah masjid Raya Wlingi, belok kiri > Ketemu perempatan, Perum. Bening, belok kanan > Ketemu Perempatan lagi/ kedua, belok kiri > Ketemu Pasar Semen, belok ke Kiri > Lihat tanda Kawasan Wisata Ekologi (Jl. Nanas) > Sampai di Patokwesi > ikuti jalan setapak 6-7 km jauhnya sampai 5 bukit terlewati > Lokasi Air Terjun Coban Wilis

Jam Buka, Harga Tiket Masuk

  • 24 jam, tiket gratis

 

7. Wisata Arum Jeram Soko Adventure

Tempat Wisata Blitar Jawa Timur Arum Jeram Soko Adventure
Wisata Arum Jeram Soko Adventure

Bagi anda yang suka menguji nyali/ adrenaline, anda bisa melakukan arum jeram di Sungai Lekso. Terdapat tenaga profesional yang siap mendampingi anda ketika melakukan hobi uji nyali melewati medan arung jeram yang cukup menantang ini. Di spot wisata ini juga terdapat area camping dan outbound layaknya berpetualang di alam bebas.

Selain arung jeram Anda juga bisa melakukan kegiatan yang menantang adrenalin lainnya yaitu rafting, kayaking dan juga tubing. Anda tidak perlu takut dikarenakan akan didampingi oleh tenaga tenaga yang professional.

Map : Soko Rafling Blitar

Lokasi : Jl. Tegal Asri, Tegalasri, Kec. Wlingi, Blitar, Jawa Timur 66184

Telepon : +62 82147805532

 

8. Desa Wisata Semen

Kampung Desa Wisata Semen Blitar Jawa Timur
Desa Wisata Semen

Ketika berniat berlibur ke kota Blitar, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah wisata alam dan ekologis. Lokasinya berada di 4 Desa yakni, Desa Semen, Desa Dewi, Desa Tegalrejo dan Desa Parang. Tempat wisata yang disebut dengan Puspa Jagad tersebut menawarkan berbagai macam keindahan desa yang alami yang tidak dapat kita saksikan di kota-kota besar.

Map : Desa Wisata Semen

Lokasi : Gandusari, Blitar, East Java

 

9. Makam Bung Karno

Objek Wisata Blitar Jawa Timur Makam Bung Karno
Makam Bung Karno

Tempat yang wajib di kunjungi di Blitar adalah makam Bung Karno, Presiden sekaligus sang Proklamator kemerdekaan Republik Indonesia setelah dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun. Sebagai anak cucu dan keturunan para pejuang dahulu, kita wajib mendoakan Pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang dan bertempur demi kemerdekaan kita. Disini terdapat museum yang menyimpan benda-benda pribadi dari Bung Karno serta perpustakaan yang mengoleksi buku-buku yang pernah dibaca dari Ir. Soekarno.

Map : Makam Bung Karno

Lokasi : Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur 66133

Telepon : +62 (0342) 801145

 

10. Water Park Sumber Udel

Destinasi Wisata Blitar Jawa Timur Water Park Sumberudel
Water Park Sumber Udel

Bila anda membutuhkan tempat wisata berenang yang dapat menyenangkan hati anak dan keluarga anda, maka disinilah salah satu tempatnya. Water park Sumberudel menjadi salah satu spot favorit ketika weekend tiba. Tempat ini tidak jauh dari Makam Bung Karno, jadi anda bisa sekaligus pergi ke 2 tempat wisata sekaligus kalau menginginkannya.

Map : Water Park Sumber Udel

Lokasi : Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66116

About the Author: Wisata Indonesia

/* */